ONLINE 24 JAM Sabtu- Minggu Buka
Beranda » Artikel Terbaru » Membersihkan Vagina Dengan Sabun Sirih Ternyata Berbahaya! AWAS!

Membersihkan Vagina Dengan Sabun Sirih Ternyata Berbahaya! AWAS!

Diposting pada 18 November 2017 oleh NUR JANNAH

Membersihkan vagina dengan sabun sirih pasti di anggap cara yang paling efektif. Di samping memberi rasa segar pada organ kewanitaan, sabun sirih di sebut dapat menghilangkan bau tidak sedap pada vagina.

Selain itu, sabun sirih kerap digunakan untuk mencuci vagina pada saat atau setelah periode menstruasi. Tetapi apakah membersihkan vagina dengan sabun pembersih yang mengandung sirih tidak menimbulkan masalah pada vagina?

Perlukah Membersihkan Vagina Dengan Sabun Sirih?

Penggunaan cairan pembersih vagina sebenarnya tidak diperlukan karena penggunaan yang keliru justru meningkatkan risiko vagina terkena masalah. Hal ini karena sabun sirih menyebabkan ketidakseimbangan pH sehingga menimbulkan jamur dan bakteri dalam vagina yang akhirnya menyebabkan infeksi.

Daun sirih dikenal mengandung senyawa antibakteri yang berguna untuk mencegah infeksi, hanya saja tidak dianjurkan untuk menggunakannya setiap hari. Sabun sirih di rekomendasikan digunakan pada saat keputihan yang mengganggu atau pada saat menstruasi.

Tetapi dengan catatan tidak ada luka pada vagina dan hanya digunakan pada bagian luar vagina. Perlu diperhatikan pula, bahwa banyak sabun sirih yang mengandung parfum sehingga menimbulkan iritasi terutama untuk kulit sensitif.

Cara Aman Memakai Sabun Sirih

Jika Anda ingin menggunaan cairan pembersih vagina, seperti sabun sirih sebaiknya anda hanya menggunakannya sesekali, dan tidak perlu rutin setiap hari. Selain itu, gunakan cairan tersebut hanya untuk area luar vagina atau sekitarnya.

Hindari penggunaan sabun sorih hingga memasukkannya ke dalam vagina. Membersihkan vagina cukup dengan menjaga agar tidak terlalu lembab karena kondisi lembab berisiko terserang infeksi jamur.

Selain itu, hindari penggunaan produk pembersih beraroma atau parfum baik pembalut maupun sabun. Karena hal ini dapat menyebabkan iritasi pada vagina.

Bagaimana Cara Membersihkan Vagina Yang Benar?

Berdasarkan hasil studi pakar kesehatan dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG),  wanita disarankan menjauhi sabun pembersih vagina termasuk sabun sirih. Biarkan vagina anda memiliki bau normal. Kecuali dengan catatan, bau tak sedap pada vagina sangat kuat yang menandakan terjadinya infeksi.

Cara yang paling aman adalah membersihkan vagina dengan air hangat setiap kali mandi. Hindari penggunaan sabun dengan bahan kimia yang keras dan mengandung parfum.

Pastikan untuk membersihkan vagina dari arah depan ke belakang dan bukan sebaliknya untuk mencegah mikroba dari anus menyebar ke vagina hingga saluran kemih. Lakukan hal yang sama saat Anda selesai buang air besar maupun kecil. Selain itu jangan lupa untuk selalu mengeringkan vagina anda dengan handuk maupun tisu.

Demikian ulasan tentang penggunaan sabun sirih untuk membersihkan vagina. Sebagai wanita tentu saja anda harus menjaga kebersihan dan kesehatan vagina. Hal ini karena vagina memiliki fungsi yang besar dalam hubungan seks maupun reproduksi.

Bagikan informasi tentang Membersihkan Vagina Dengan Sabun Sirih Ternyata Berbahaya! AWAS! kepada teman atau kerabat Anda.

PEMESANAN CEPAT

CALL SMS Whatsapp

Membersihkan Vagina Dengan Sabun Sirih Ternyata Berbahaya! AWAS! | griyaklinik

Komentar dinonaktifkan: Membersihkan Vagina Dengan Sabun Sirih Ternyata Berbahaya! AWAS!

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan