ONLINE 24 JAM Sabtu- Minggu Buka
Beranda » Artikel Terbaru » Bahaya Penyakit Kista! Pemicu Keguguran Hingga Resiko Kemandulan!

Bahaya Penyakit Kista! Pemicu Keguguran Hingga Resiko Kemandulan!

Diposting pada 19 November 2017 oleh NUR JANNAH

 

Kista merupakan jenis penyakit yang paling ditakuti oleh semua wanita. Banyak wanita yang mengeluh karena sakit yang berlebihan saat menstruasi. Ternyata ada beberapa bahaya penyakit kista bagi kesuburan dan kesehatan wanita lho.

Kista ovarium menjadi salah satu kasus kista yang paling banyak ditemukan pada wanita terutama pada usia produktif. Kista dianggap sebagai salah satu penghambat proses kehamilan dan juga hambatan besar saat menstruasi. Gejala Awal Kista yang muncul dan  tidak mendapatkan perawatan bisa menjadi masalah besar untuk kesehatan lho.

Berikut Bahaya Penyakit Kista Bagi Wanita

  1. Menyebabkan Torsi Ovarium

Torsi ovarium adalah akibat penyakit kista yang perlu mendapatkan tindakan intensif. Torsi ovarium disebabkan ukuran kista semakin besar dan membuat posisi ovarium bergeser.

Akibatnya aliran darah pada ovarium bisa terhenti dan menyebabkan kerusakan parah pada ovarium. Ovarium juga bisa menjadi tidak berfungi dan menyebabkan kemandulan.

  1. Jika Kista Pecah

Kista yang berisi cairanyang tidak mendapatkan perawatan juga bisa pecah. Akibatnya pecahan kista dapat menyebar ke organ lain terutama di sekitar sistem reproduksi.

Kondisi kista pecah ditandai dengan timbulnya bercak darah dan disertai rasa sakit yag hebat. Tindakan medis segera diperlukan untuk mengatasi infeksi karena hal ini mengancam nyawa.

  1. Pemicu Komplikasi Kehamilan

Banyak wanita yang tidak mengetahui jika dirinya memiliki kista pada ovarium, sehingga ketika wanita hamil dan melakukan USG kehamilan keberadaan kista baru diketahui.  Jika kista berukuran besar maka akan menyebabkan sakit perut parah dan mengganggu kehamilan. Jika kista tidak segera diatasi maka biasanya akan menyebabkan keguguran.

  1. Berubah Menjadi Kanker Ovarium

Meskipun kista tidak disebutkan sebagai penyebab kanker ovarium, namun banyak kasus terjadi ketika wanita yang tidak mengobati kista dan kemudian jaringan ovarium berubah menjadi kanker. Kista ovarium yang biasanya terjadi pada wanita muda tetap beresiko menjadi kanker.

  1. Komplikasi Penyakit Lainnya

Kista juga menyebabkan penyakit komplikasi lain seperti gangguan usus. Kegagalan fungsi kandung kemih yang terus tertekan oleh kista membuat penderita sering tidak bisa mengkontrol buang air kecil.

 

Bagikan informasi tentang Bahaya Penyakit Kista! Pemicu Keguguran Hingga Resiko Kemandulan! kepada teman atau kerabat Anda.

PEMESANAN CEPAT

CALL SMS Whatsapp

Bahaya Penyakit Kista! Pemicu Keguguran Hingga Resiko Kemandulan! | griyaklinik

Komentar dinonaktifkan: Bahaya Penyakit Kista! Pemicu Keguguran Hingga Resiko Kemandulan!

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan