ONLINE 24 JAM Sabtu- Minggu Buka
Beranda » Artikel Terbaru » Artikel Kesehatan – Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Telinga?

Artikel Kesehatan – Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Telinga?

Diposting pada 16 November 2017 oleh NUR JANNAH

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Telinga?

Kebiasaan menggunakan kapas atau cotton buds atau jepit rambut untuk menghilangkan kotoran pada telinga atau menggaruk telinga dapat menjadi pemicu masalah atau gangguan pada telinga.


Terpapar suara keras secara berulang-ulang merupakan salah satu penyebab umum kehilangan pendengaran permanen. Kerusakan akan berkembang secara perlahan dan tanpa rasa sakit atau gejala lainnya sehingga umumnya seseorang tidak menyadari sedang memiliki gangguan pendengaran hingga parah.
Bagaimana cara kerja telinga?
Telinga memiliki cara kerja dalam menerima rangsangan suara sebagai berikut:

  • Gelombang suara masuk kedalam telinga melalui saluran telinga menuju eardrum (tympanic membrane) sehingga menghasilkan getaran pada telinga.
  • Getaran pada eardrum dapat menyebabkan tulang kecil pada tengah telinga bergetar dan menyebabkan cairan pada dalam telinga bergerak keluar.
  • Cairan akan bergerak menstimulasi sensor pada rambu-rambut sel untuk menerjemahkan suara pada sistem saraf.
  • Saraf pada pendengaran akan mengirimkan rangsangan suara pada otak sehingga suara dapat didengar.

Bagaimana cara mencegah kerusakan pendengaran akibat suara keras atau kebisingan?
Sensor suara pada telinga mengalami kerusakan karena terus menerus terpapar suara keras. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menurunkan resiko gangguan pendengaran yang disebabkan kebisingan adalah sebagai berikut:

  • Menghindari sumber kebisingan yang berbahaya. Kebisingan berbahaya dapat terjadi di tempat kerja, rumah, dan dibanyak tempat yang lain.
  • Menggunakan pelindung pendengaran ketika akan beraktifitas di sekitar sumber kebisingan yang berbahaya. Gunakan pelindung pendengaran seperti penyumbat telinga atau penutup telinga.
  • Mengontrol volume pada televisi, radio, atau stereo. Kurangi frekuensi dalam menggunakan alat elektronik untuk mendengarkan musik dengan earphone.

Kerusakan alat pendengaran karena masalah kebisingan tidak dapat kembali normal. Tetapi jika sudah memiliki beberapa gangguan pendengaran maka diperlukan usaha untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah dan menjaga kondisi pendengaran saat ini.
Bagaimana cara menjaga kesehatan telinga dari beberapa penyebab selain kebisingan?
Untuk menurunkan resiko gangguan pendengaran dapat dilakukan beberapa langkah, seperti:

  • Jangan pernah menggunakan kapas atau cotton buds atau jepit rambut untuk menghilangkan kotoran telinga atau menggaruk telinga.
  • Selama melakukan perjalanan udara lakukan aktifitas menelan dan menguap saat pesawat akan mendarat. Jika memiliki masalah pernafasan bagian atas seperti pilek, flu, atau infeksi sinus maka konsumsi obat dekongestan beberapa jam sebelum mendarat atau gunakan semprotan dekongestan sesaat sebelum mendarat.
  • Berhenti merokok. Resiko untuk kehilangan pendengaran dapat meningkat ketika merokok.
  • Memastikan anak menerima semua imunisasi yang dianjurkan untuk melindungi terhadap penyakit meningitis dan kondisi lain yang dapat menyebabkan masalah pendengaran.

Batasi penggunaan earphone saat mendengarkan musik dapat membantu mengurangi resiko terjadinya kerusakan pendengaran.

Bagikan informasi tentang Artikel Kesehatan – Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Telinga? kepada teman atau kerabat Anda.

PEMESANAN CEPAT

CALL SMS Whatsapp

Artikel Kesehatan – Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Telinga? | griyaklinik

Komentar dinonaktifkan: Artikel Kesehatan – Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Telinga?

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan