Darah Menstruasi Menggumpal? Awas, Normal Atau Bahaya? Ini Faktanya!

Video Rate:
0 / 5 ( 0votes )
18 views

Menstruasi mempunyai arti penting, mulai dari mengetahui masa subur wanita, hingga tingkat kesehatan rahim. Namun, ternyata banyak wanita yang mengalami darah menstruasi menggumpal.

Tentu saja ini membuat banyak wanita bertanya, normalkah jika darah menstruasi menggumpal?. Ingin tahu? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Darah Menstruasi Menggumpal

Darah menstruasi yang menggumpal biasanya terjadi saat awal siklus menstruasi. Yaitu saat hari pertama dan kedua. Hal ini disebabkan karena aliran darah yang keluar sangat banyak dan deras.

Saat dalam kondisi menstruasi, tubuh wanita biasanya akan melepaskan zat antikoagulan. Zat ini berfungsi sebagai zat pencegah pembekuan darah yang menjaga agar darah menstruasi tidak menggumpal ketika dikeluarkan.

Namun, ketika aliran darah sedang dalam kondisi sangat deras, zat antikoagulan kesulitan untuk memproses semua darah sehingga sebagian darah masih membeku dan akhirnya keluar dengan keadaan menggumpal. Ada beberapa faktor lain yang memengaruhi darah menstruasi menggumpal saat keluar, yaitu :

1. Mengalami Keguguran

Janin yang tidak dapat bertahan dalam rahim akhirnya akan keluar lewat vagina dalam bentuk darah encer disertai gumpalan dengan besar beragam sesuai usia kandungan.

2. Gejala Awal Menopause

Darah menstruasi yang menggumpal bisa merupakan tanda anda akan mengalami Menopause. Darah menstruasi akan keluar dengan kondisi menggumpal karena adanya pelepasan sisa telur pembuahan yang akan habis.

3. Perubahan Hormon

Hormon esterogen dan progesteron dalam jumlah yang seimbang, akan berpengaruh pada menstruasi yang normal. Namun, jika salah satu hormon tersebut tidak seimbang, akibatnya akan terjadi penggumpalan pada darah menstruasi.

4. Infeksi Area Rahim

Haid akan berlangsung lama karena adanya infeksi pada saluran rahim menuju vagina. Gumpalan yang keluar merupakan wujud di mana darah keluar bersama lapisan dinding dalam rahim. Kondisi ini jika berlanjut dapat mengakibatkan anemia.

5. Penyakit Miom

Miom adalah salah satu penyakit seksual yang sering dialami wanita. Miom merupakan sebutan untuk tumor jinak yang tumbuh pada dinding rahim dan biasanya akan menyebabkan rasa nyeri yang hebat.

Jangan Cemas, Darah Menstruasi Menggumpal Ternyata Normal

Gumpalan yang keluar pada darah menstruasi terkadang memiliki tekstur dan warna yang berbeda. Jika teksturnya tipis dan tidak terlalu menggumpal dalam bentuk besar, itu masih merupakan hal yang normal.

Keluarnya gumpalan darah berwarna merah gelap juga tidak perlu terlalu anda dikhawatirkan. Hal ini menandakan bahwa darah sudah terlalu lama disimpan di rahim dan menunggu untuk segera dikeluarkan.

Jika darah menstruasi yang menggumpal menyerupai butiran dan disertai rasa sakit pada perut bagian bawah, sakit kepala yang hebat, dan siklus haid tidak teratur, sebaiknya anda harus segera memeriksakan kondisi ini ke dokter. Hal ini bisa saja tanda bahwa kesehatan rahim anda bermasalah.

Itulah alasan dan fakta darah menstruasi yang menggumpal.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

SILAHKAN TELPON UNTUK MELAKUKAN PEMESANAN ATAU ANDA BISA MELALUI SMS ATAU WA

CONTOH PEMESANAN VIA SMS / WA NAMA PRODUK / NAMA PEMESAN / ALAMAT PEMESAN / BAYAR VIA BANK

MISAL

NO REK KAMI


BCA 3530-337-102


MANDIRI 13-5000-6753-998


BNI 0192-438-556


BRI 0016-01015183-537


REKENING ATAS NAMA NUR IHSANUDIN


LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI 081326666630

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Comments are closed.